Sistem Informasi Geografis



BOM HIDROGEN DENGAN KEKUATAN LEDAK YANG DAHSYAT

Bom didefinisikan sebagai alat peledak yang digunakan untuk menghancurkan target. Biasanya digunakan dalam perang maupun aksi – aksi terorisme. Pada perang dunia ke II kota Hirosima dan Nagasaki dihancurkan dengan menggunakan bom atom oleh Amerika Serikat. Ini mengakibatkan pada masa itu pemerintahan jepang seolah tidak berdaya dan harus menyerah. Ledakan bom atom yg dijatuhkan dikota Hirosima dan Nagasaki mempunyai kekuatan menghancurkan yang mengagumkan. Picture.1 adalah gambar dari ledakan bom atom yang jatuh di kota nagasaki, ia membentuk awan jamur yang membumbung hingga mencapai ketinggian 18 km. Tahukah anda, ada lagi bom yang lebih dahsyat ledakannya dari pada bom atom. Bom itu adalah Bom Hidrogen

Bom hidrogen merupakan bom yang mempunyai tenaga dari reaksi fusi inti – inti atom hidrogen berat yang disebut deutron. Bom ini mampu meledak ratusan kali lebih dahsyat dari bom atom karena didahului oleh reaksi fisi (Pembelahan) yang merangsang terjadinya reaksi fusi (penggabungan atom – atom hidrogen). Penggabungan atom-atom Hidrogen ini melepaskan energi yang besar sekali melebihi ledakan dinamit sebanyak ± 50,000,000 unit atau setara dengan ± 500 bom atom. Daya ledaknya diukur dalam megaton (juta ton) TNT. Ledakan bom ini akan menghasilkan bola api dengan garis tengah beberapa kilometer disertai timbulnya awan cendawan yang tinggi sekali.

Supaya bisa terjadi reaksi fusi maka inti atom ini harus berada pada suhu yang sangat tinggi dengan berorde jutaan derjat celcius. Reaksi fusi terjadi pada matahari yang merupakan sumber energi di bumi. Maka pada bom hidrogen ini dipasang bom atom untuk mengawali ledakan sehingga menimbulkan suhu yang sangat tinggi, sebab hanya ledakan fisi U-235 atau fisi Pu-239 yang dapat mencapai suhu setinggi ini. Jika suhu itu sudah sangat tinggi rekasi fusi akan bisa terjadi. Maka dapat disimpulkan pada bom Hidrogen terdapat 2 bom nuklir, yaitu bom atom terjadi melalui reaksi fisi dilanjutkan ledakan besar akibat dari reaksi fusi. Hasil dari reaksi ini berupa gas He dan dalam reaksi di lepaskan neutron cepat.

Apakah anda tahu bahwa cuma ada 6 negara yang bisa melakukan Reaksi Fusi ini yaitu : Amerika, Uni Soviet (sekarang Rusia), Inggris, Perancis, cina dan India. Amerika Serikat adalah negara yang pernah menggunakan senjata nuklir untuk menyerang negara lain, yaitu pada peristiwa pengeboman Hiroshima dan Nagasaki di Jepang. Uji coba senjata nuklir pertama kali di trinity pada tahun 1945, Pemerintahan Amerika Serikat melalui presidennya Harry S Truman pada tanggal 31 januari 1950 mengeluarkan pernyataan tentang dukungan pemerintah Amerika Serikat dalam pengembangan bom hidrogen. Di pulau Karang Elugelab kepulauan Pacific Marshall, Amerika Serikat meledakkan 'Ivy Mike' pada tahun 1952, ini adalah bom hidrogen yang pertama di dunia dan meledakkan bom hidrogen “Castale Bravo” pada tahun 1954. Uni Soviet (sekarang Rusia) juga pernah meledakkan bom hidrogen ("Joe-4") pada 1953 dan bom Hidrogen Megaton pada 1955 ("RDS-37"). Inggris menguji bom hidrogen pada tahun 1957, Ia bekerjasama dengan Amerika Serikat melakukan uji senjata nuklir("Hurricane") pada tahun 1952. Prancis melakukan tes meledakkan bom hidrogen pada tahun 1968. China menguji bom hidrogen yang pertamanya pada tahun 1967. India melalui pemerintahannya menyatakan negaranya telah menguji bom hidrogen namun banyak negara yang meragukan pernyataan ini. Kemudian tahun 2005, Amerika Serikat mendeklarasikan India sebagai negara nuklir yang bertanggung jawab.

Jika Bom Hidrogen kita bandingkan dengan Bom Atom, dimana bom atom pernah diledakkan di kota Hirosima dan Nagasaki. Bom atom diledakkan bisa menghancurkan kota Hirosima dan Nagasaki, Bisa kita bayangkan jika meledakkan bom Hidrogen disuatu tempat pasti efek ledakkannya akan jauh lebih besar dari bom atom. Dan luas daerah yang terkena imbas akibat ledakan bom hidrogen akan jauh lebih luas dibandingkan akibat ledakan bom atom. Sekarang ini, selain dari bom atom dan bom Hidrogen, ada bom yang baru dikenal bernama bom kobalt. Bom ini di buat dengan menyelubungi bom hidrogen dengan wadah yang terbuat dari kobalt biasa yang tebal.

Mari kita renangkan bila antar negara saling bertempur dan meledakkan bom – bom dahsyat, apa yang bakal terjadi dengan kita, Bumi serta isinya. Amat sulit untuk kita bayangkan keadaan ini jika benar – benar terjadi. Untuk itu, mungkinkah muncul nota kesepahaman bahwa senjata nuklir tidak perlu lagi digunakan di waktu mendatang. Dan yang perlu dipertanyakan sudah siapkah Indonesia dalam menghadapi segala kemungkinan dan peluang yang akan terjadi baik ancaman keamanan dari eksternal maupun internal serta menjaga keutuhan NKRI, karena tak ada seorang pun yang tahu apa yang bakal terjadi kedepannya.

Sumber gambar : http://faithscience.wordpress.com dan http://hikmatun.files.wordpress.com

Sistem Pakar

Salah satu domain penelitian dalam kecerdasan buatan adalah sistem pakar. Sistem pakar merupakan sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan para ahli. Namun demikian sistem pakartidak dikembangkan untuk menggantikan kedudukan seorang pakar tetapi untuk memasyaratkan pengetahuan dan pengalaman pakar tersebut.

Sistem pakar dikembangkan pertama kali oleh komunitas AI tahun1960an. Sistem pakaryang pertama adalah General Purpose Problem Solver (GPS) yang dikembangkan oleh Newel Simon. Menurut Efraim Turban, Sistem pakarharus mengandung keahlian, ahli, pengalihan keahlian, inferensi, aturan dan kemampuan menjelaskan. Keahlian dalam hal ini adalah suatu kelebihan penguasan pengetahuan dibidang tertentu yang diperoleh dari pelatihan, membaca atau pengalaman.

Bentuk pengetahuan sistem pakarantara lain :

    • Fakta-fakta pada lingkup permasalahan tertentu
    • Teori-teori pada lingkup masalah tertentu
    • Prosedur-Prosedur berkenaan dengan lingkup masalah tertentu
    • Strategi-strategi global untuk menyelesaikan masalah
    • Meta-knowledge (pengetahuantentangpengetahuan)

Sistem pakar dapat diartikan sebagai penggunaan komputer secara langsung dengan siswa untuk menyampaikan isi pelajaran, memberikan latihan dan mengetes kemajuan belajar siswa. Sistem pakar dapat bertindak sebagai tutor yang menggantikan siswa di dalam kelas. Sistem pakar juga bermacam-macam bentuknya bergantung kecakapan pendesain dan pengembang pembelajarannya, bisa berbentuk permainan (games), mengajarkan konsep-konsep abstrak yang kemudian dikonkritkan dalam bentuk visual dan audio yang dianimasikan. Menurut Anderson, 1976 SISTEM PAKARtermasuk kedalam media instruksiaonal dengan mengunakan media komputer. Jika diklasifikasikan sistem pakar termasuk kedalam media yang berbasis komputer. Media lain misalnya klasifikasi media audio berarti jenis medianya Audio Kaset, Audio Vission, aktive Audio Vission. Bentuk interaksi yang dapat diaplikasikan media berbasis komputer menurut Heinich,et.al 1996, antara lain :

    • Praktek dan latihan (drill & practice)
    • Tutorial
    • Permainan (games)
    • Simulasi (simulation)
    • Penemuan (discovery)
    • Pemecahan Masalah (Problem Solving)

Dari penjelasan di atas jelas sekali bahwa penggunaan komputer sebagai media pembelajaran tidak hanya semata-mata mengikuti kemajuan teknologi tetapi juga untuk mencapai tujuan pembelajaran. Karena perancangannya juga disesuaikan dengan konsep-konsep pendidikan. Adapun tujuan pemakaian komputer dalam kegiatan pembelajaran antara lain :


a) Tujuan Kognitif

Komputer dapat mengajarkan konsep-konsep aturan, prinsip, langkah-langkah, proses, dan kalkulasi yang kompleks. Komputer juga dapat menjelaskan konsep tersebut dengan dengan sederhana dengan penggabungan visual dan audio yang dianimasikan. Sehingga cocok untuk kegiatan pembelajaran mandiri.

b) Tujuan Psikomotor

Dengan bentuk pembelajaran yang dikemas dalam bentuk games & simulasi sangat bagus digunakan untuk menciptakan kondisi dunia kerja. Beberapa contoh program antara lain; simulasi pendaratan pesawat, simulasi perang dalam medan yang paling berat dan sebagainya.

c) Tujuan Afektif

Bila program didesain secara tepat dengan memberikan potongan clip suara atau video yang isinya menggugah perasaan, pembelajaran sikap/afektif juga dapat dilakukan mengunakan media komputer.

Pendidikan dan Perkembangan ICT

Pendidikan memiliki peran yang sangat menentukan bagi perkembangan dan perwujudan dari individu, terutama bagi pembangunan bangsa dan Negara. Kemajuan suatu kebudayaan tergantung pada cara kebudayaan tersebut mengenali, menghargai dan memanfaatkan sumber daya manusia dan hal ini berkaitan erat dengan kualitas pendidikan yang diberikan kepada anggota masyarakatnya, kepada peserta didik.

Ditinjau dari segi kehidupan mana pun kebutuhan akan kreativitas sangatlah penting. Metode pembelajaran yang diterapkan saat ini sangat kurang bisa membantu para siswa atau peserta didik untuk mengembangkan kreativitasnya. Siswa hanya di tuntut untuk belajar di bangku sekolah, sedangkan dirumah hanya sedikit para orang tua yang peduli pada kegiatan belajar anak-anaknya. Pengaruh lingkungan juga sangat mempengaruhi keadaan psikologis anak dalam pembentukan karakter kreativitasnya.

Pembentukan karakter setiap anak juga dapat dilakukan dengan pendekatan teknologi yang ada saat ini. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan kemajuan teknologi computer. Artificial Intellifence (AI) sebagai suatu bagian teknologi computer yang sedang dikembangkan terus diteli karena kebutuhannya terhadap mesin yang sangat baik dan mahal namun dapat memberikan dampak positif bagi pembelajaran baik saat ini maupun di masa mendatang. AI yang merupakan dasar pengembangan dari mesin-mesin yang dapat membantu manusia dalam memecahkan beberapa masalah (artificial) yang mengekslorasi sisi kognitif manusia, sistem memori dan karakter dalam menyalesaikan masalah (intelligent) telah melahirkan suatu penemuan yang berimplikasi terhadap proses pendidikan. AI yang didasari program-program instruksi dikenal dengan intelligent tutor atau intelligent coaches, terus dikembangkan dibeberapa bagian kurikulum sekolah terutama pelajaran matematika.

Teknik AI saat ini digunakan untuk menyelesaikan berbagai tugas seperti promblem-solving, natural language processing, perception and pattern recognation, information storage and retrieval, control of robots, game playing, aotumatic programming, and computational logic. System Artificial Intelegen memiliki kemampuan untuk menangani bidang-bidang tersebut. Dengan Artificial Intelegen berbasis tutorial tersedia beberapa langkah untuk memaparkan dan menyelesaikan masalah, menyimpan dan mengolah data, bermain game, mendiagnosa kesalahan konsep siswa, serta menyediakan fasilitas natural- language dialogue dengan siswa.

Teknologi pembelajaran telah membantu proses pembelajaran yang lebih efisien yakni dengan menggunakan Computer Based Training (CBT). Computer Based Training merupakan komputer multimedia berbasis pelatihan. Computer Based Training tradisional menyajikan sistem yang memuat informasi beserta pengujiannya melalui soal pilihan ganda atau menjawab pertanyaan essay. Sedangkan Computer Based Training yang cerdas mampu membina siswa secara individual, memiliki penilaian kinerja dan umpan balik terhadap siswa yang sedang belajar.

Ada beberapa pengertian dari Artificial Intelligence (AI), antara lain :

· Suatu cara yang sederhana untuk membuat komputer dapat “berpikir” secara inteligent.

· Bagian dari ilmu komputer yang mempelajari perancangan sistem komputer yang inteligent, yaitu suatu sistem yang meperlihatkan karakteristik yang ada pada tingkah laku manusia, seperti mengerti suatu bahasa, mempelajari,mempertimbangkan dan memecahkan suatu masalah.

· Suatu studi bagaimana membuat komputer dapat mengerjakan sesuatu, yang pada saat ini, orang dapat mengerjakan lebih baik (Rich and Knight ,1991).

· Bidang ilmu komputer yang memungkinkannya untuk memahami, bernalar dan bertindak.

Menurut H. A. Simon [1987] kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang dalam pandangan manusia adalah cerdas. Dalam Encyclopedia Britannica diterangkan bahwa Kecerdasan Buatan (AI) merupakan cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan. Dari banyak pengertian di atas dapat kita simpulkan bahwa AI merupakan perancangan siatem komputer dengan memasukan sifat inteligent dimana sistem tersebut memiliki karakteristik yang ada pada tingkah laku manusia sehingga memungkinkan sistem tersebut untuk mamahami, bernalar dan bertindak.

Pengembangan AI dilakukan untuk mengembangkan metode dan sistem untuk menyelesaikan masalah,masalah yang biasa diselesaikan melalui aktifivitas intelektual manusia, misalnya pengolahan citra,perencanaan, peramalan dan lain-lain, meningkatkan kinerja sistem informasi yang berbasis komputer serta Untuk meningkatkan pengertian/pemahaman kita pada bagaimana otak manusia bekerja. Winston dan Prendergast [1984] mengungkapkan ada tiga tujuan dari kecerdasan buatan antara lain :

1. Membuat mesin menjadi lebih pintar (tujuan utama)

2. Memahami apa itu kecerdasan (tujuan ilmiah)

3. Membuat mesin lebih bermanfaat (tujuan entrepreneurial)

Ada dua arah pengembangan AI, antara lain :

  • Mengembangkan metode dan sistem untuk menyelesaikan masalah AI tanpa mengikuti cara manusia menyelesaikannya (sistem pakar/ expert sistem)
  • Mengembangkan metode dan sistem untuk menyelesaikan masalah AI melalui pemodelan cara berpikirnya manusia, atau cara bekerjanya otak manusia (neural networks).

Dalam kecerdasan buatan ada empat hal yang diperlukan untuk membangun sistem atau memecahkan masalah tertentu :

Pilih teknik pemecah masalah terbaik dan gunakan untuk masalah tertentu

BlogCatalog

Computer Blogs - BlogCatalog Blog Directory

Mengenai Saya

Foto saya
Saya adalah seorang Mahasiswa di sebuah Universitas Terkemuka di Riau, saat ini saya mencari dan memberikan ilmu yang selama ini saya cari dan dapat, agar berguna bagi kita semua.

Cari Blog Ini

Pengikut

Tentang Blog Saya

> Blog ini dirancang melalui berbagai hal pengalaman yang telah saya dapatkan selama ini, ilmu bukan untuk disimpan sendiri melainkan untuk disebarluaskan, untuk mengurangi tingkat kebodohan, dan yang pastinya ilmu yang diberikanpun merupakan ilmu yang bermanfaat. :)