Pendidikan dan Perkembangan ICT

Pendidikan memiliki peran yang sangat menentukan bagi perkembangan dan perwujudan dari individu, terutama bagi pembangunan bangsa dan Negara. Kemajuan suatu kebudayaan tergantung pada cara kebudayaan tersebut mengenali, menghargai dan memanfaatkan sumber daya manusia dan hal ini berkaitan erat dengan kualitas pendidikan yang diberikan kepada anggota masyarakatnya, kepada peserta didik.

Ditinjau dari segi kehidupan mana pun kebutuhan akan kreativitas sangatlah penting. Metode pembelajaran yang diterapkan saat ini sangat kurang bisa membantu para siswa atau peserta didik untuk mengembangkan kreativitasnya. Siswa hanya di tuntut untuk belajar di bangku sekolah, sedangkan dirumah hanya sedikit para orang tua yang peduli pada kegiatan belajar anak-anaknya. Pengaruh lingkungan juga sangat mempengaruhi keadaan psikologis anak dalam pembentukan karakter kreativitasnya.

Pembentukan karakter setiap anak juga dapat dilakukan dengan pendekatan teknologi yang ada saat ini. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan kemajuan teknologi computer. Artificial Intellifence (AI) sebagai suatu bagian teknologi computer yang sedang dikembangkan terus diteli karena kebutuhannya terhadap mesin yang sangat baik dan mahal namun dapat memberikan dampak positif bagi pembelajaran baik saat ini maupun di masa mendatang. AI yang merupakan dasar pengembangan dari mesin-mesin yang dapat membantu manusia dalam memecahkan beberapa masalah (artificial) yang mengekslorasi sisi kognitif manusia, sistem memori dan karakter dalam menyalesaikan masalah (intelligent) telah melahirkan suatu penemuan yang berimplikasi terhadap proses pendidikan. AI yang didasari program-program instruksi dikenal dengan intelligent tutor atau intelligent coaches, terus dikembangkan dibeberapa bagian kurikulum sekolah terutama pelajaran matematika.

Teknik AI saat ini digunakan untuk menyelesaikan berbagai tugas seperti promblem-solving, natural language processing, perception and pattern recognation, information storage and retrieval, control of robots, game playing, aotumatic programming, and computational logic. System Artificial Intelegen memiliki kemampuan untuk menangani bidang-bidang tersebut. Dengan Artificial Intelegen berbasis tutorial tersedia beberapa langkah untuk memaparkan dan menyelesaikan masalah, menyimpan dan mengolah data, bermain game, mendiagnosa kesalahan konsep siswa, serta menyediakan fasilitas natural- language dialogue dengan siswa.

Teknologi pembelajaran telah membantu proses pembelajaran yang lebih efisien yakni dengan menggunakan Computer Based Training (CBT). Computer Based Training merupakan komputer multimedia berbasis pelatihan. Computer Based Training tradisional menyajikan sistem yang memuat informasi beserta pengujiannya melalui soal pilihan ganda atau menjawab pertanyaan essay. Sedangkan Computer Based Training yang cerdas mampu membina siswa secara individual, memiliki penilaian kinerja dan umpan balik terhadap siswa yang sedang belajar.

Ada beberapa pengertian dari Artificial Intelligence (AI), antara lain :

· Suatu cara yang sederhana untuk membuat komputer dapat “berpikir” secara inteligent.

· Bagian dari ilmu komputer yang mempelajari perancangan sistem komputer yang inteligent, yaitu suatu sistem yang meperlihatkan karakteristik yang ada pada tingkah laku manusia, seperti mengerti suatu bahasa, mempelajari,mempertimbangkan dan memecahkan suatu masalah.

· Suatu studi bagaimana membuat komputer dapat mengerjakan sesuatu, yang pada saat ini, orang dapat mengerjakan lebih baik (Rich and Knight ,1991).

· Bidang ilmu komputer yang memungkinkannya untuk memahami, bernalar dan bertindak.

Menurut H. A. Simon [1987] kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang dalam pandangan manusia adalah cerdas. Dalam Encyclopedia Britannica diterangkan bahwa Kecerdasan Buatan (AI) merupakan cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan. Dari banyak pengertian di atas dapat kita simpulkan bahwa AI merupakan perancangan siatem komputer dengan memasukan sifat inteligent dimana sistem tersebut memiliki karakteristik yang ada pada tingkah laku manusia sehingga memungkinkan sistem tersebut untuk mamahami, bernalar dan bertindak.

Pengembangan AI dilakukan untuk mengembangkan metode dan sistem untuk menyelesaikan masalah,masalah yang biasa diselesaikan melalui aktifivitas intelektual manusia, misalnya pengolahan citra,perencanaan, peramalan dan lain-lain, meningkatkan kinerja sistem informasi yang berbasis komputer serta Untuk meningkatkan pengertian/pemahaman kita pada bagaimana otak manusia bekerja. Winston dan Prendergast [1984] mengungkapkan ada tiga tujuan dari kecerdasan buatan antara lain :

1. Membuat mesin menjadi lebih pintar (tujuan utama)

2. Memahami apa itu kecerdasan (tujuan ilmiah)

3. Membuat mesin lebih bermanfaat (tujuan entrepreneurial)

Ada dua arah pengembangan AI, antara lain :

  • Mengembangkan metode dan sistem untuk menyelesaikan masalah AI tanpa mengikuti cara manusia menyelesaikannya (sistem pakar/ expert sistem)
  • Mengembangkan metode dan sistem untuk menyelesaikan masalah AI melalui pemodelan cara berpikirnya manusia, atau cara bekerjanya otak manusia (neural networks).

Dalam kecerdasan buatan ada empat hal yang diperlukan untuk membangun sistem atau memecahkan masalah tertentu :

Pilih teknik pemecah masalah terbaik dan gunakan untuk masalah tertentu

0 komentar:

Posting Komentar

BlogCatalog

Computer Blogs - BlogCatalog Blog Directory

Mengenai Saya

Foto saya
Saya adalah seorang Mahasiswa di sebuah Universitas Terkemuka di Riau, saat ini saya mencari dan memberikan ilmu yang selama ini saya cari dan dapat, agar berguna bagi kita semua.

Cari Blog Ini

Pengikut

Tentang Blog Saya

> Blog ini dirancang melalui berbagai hal pengalaman yang telah saya dapatkan selama ini, ilmu bukan untuk disimpan sendiri melainkan untuk disebarluaskan, untuk mengurangi tingkat kebodohan, dan yang pastinya ilmu yang diberikanpun merupakan ilmu yang bermanfaat. :)