Sistem Informasi Geografis



BOM HIDROGEN DENGAN KEKUATAN LEDAK YANG DAHSYAT

Bom didefinisikan sebagai alat peledak yang digunakan untuk menghancurkan target. Biasanya digunakan dalam perang maupun aksi – aksi terorisme. Pada perang dunia ke II kota Hirosima dan Nagasaki dihancurkan dengan menggunakan bom atom oleh Amerika Serikat. Ini mengakibatkan pada masa itu pemerintahan jepang seolah tidak berdaya dan harus menyerah. Ledakan bom atom yg dijatuhkan dikota Hirosima dan Nagasaki mempunyai kekuatan menghancurkan yang mengagumkan. Picture.1 adalah gambar dari ledakan bom atom yang jatuh di kota nagasaki, ia membentuk awan jamur yang membumbung hingga mencapai ketinggian 18 km. Tahukah anda, ada lagi bom yang lebih dahsyat ledakannya dari pada bom atom. Bom itu adalah Bom Hidrogen

Bom hidrogen merupakan bom yang mempunyai tenaga dari reaksi fusi inti – inti atom hidrogen berat yang disebut deutron. Bom ini mampu meledak ratusan kali lebih dahsyat dari bom atom karena didahului oleh reaksi fisi (Pembelahan) yang merangsang terjadinya reaksi fusi (penggabungan atom – atom hidrogen). Penggabungan atom-atom Hidrogen ini melepaskan energi yang besar sekali melebihi ledakan dinamit sebanyak ± 50,000,000 unit atau setara dengan ± 500 bom atom. Daya ledaknya diukur dalam megaton (juta ton) TNT. Ledakan bom ini akan menghasilkan bola api dengan garis tengah beberapa kilometer disertai timbulnya awan cendawan yang tinggi sekali.

Supaya bisa terjadi reaksi fusi maka inti atom ini harus berada pada suhu yang sangat tinggi dengan berorde jutaan derjat celcius. Reaksi fusi terjadi pada matahari yang merupakan sumber energi di bumi. Maka pada bom hidrogen ini dipasang bom atom untuk mengawali ledakan sehingga menimbulkan suhu yang sangat tinggi, sebab hanya ledakan fisi U-235 atau fisi Pu-239 yang dapat mencapai suhu setinggi ini. Jika suhu itu sudah sangat tinggi rekasi fusi akan bisa terjadi. Maka dapat disimpulkan pada bom Hidrogen terdapat 2 bom nuklir, yaitu bom atom terjadi melalui reaksi fisi dilanjutkan ledakan besar akibat dari reaksi fusi. Hasil dari reaksi ini berupa gas He dan dalam reaksi di lepaskan neutron cepat.

Apakah anda tahu bahwa cuma ada 6 negara yang bisa melakukan Reaksi Fusi ini yaitu : Amerika, Uni Soviet (sekarang Rusia), Inggris, Perancis, cina dan India. Amerika Serikat adalah negara yang pernah menggunakan senjata nuklir untuk menyerang negara lain, yaitu pada peristiwa pengeboman Hiroshima dan Nagasaki di Jepang. Uji coba senjata nuklir pertama kali di trinity pada tahun 1945, Pemerintahan Amerika Serikat melalui presidennya Harry S Truman pada tanggal 31 januari 1950 mengeluarkan pernyataan tentang dukungan pemerintah Amerika Serikat dalam pengembangan bom hidrogen. Di pulau Karang Elugelab kepulauan Pacific Marshall, Amerika Serikat meledakkan 'Ivy Mike' pada tahun 1952, ini adalah bom hidrogen yang pertama di dunia dan meledakkan bom hidrogen “Castale Bravo” pada tahun 1954. Uni Soviet (sekarang Rusia) juga pernah meledakkan bom hidrogen ("Joe-4") pada 1953 dan bom Hidrogen Megaton pada 1955 ("RDS-37"). Inggris menguji bom hidrogen pada tahun 1957, Ia bekerjasama dengan Amerika Serikat melakukan uji senjata nuklir("Hurricane") pada tahun 1952. Prancis melakukan tes meledakkan bom hidrogen pada tahun 1968. China menguji bom hidrogen yang pertamanya pada tahun 1967. India melalui pemerintahannya menyatakan negaranya telah menguji bom hidrogen namun banyak negara yang meragukan pernyataan ini. Kemudian tahun 2005, Amerika Serikat mendeklarasikan India sebagai negara nuklir yang bertanggung jawab.

Jika Bom Hidrogen kita bandingkan dengan Bom Atom, dimana bom atom pernah diledakkan di kota Hirosima dan Nagasaki. Bom atom diledakkan bisa menghancurkan kota Hirosima dan Nagasaki, Bisa kita bayangkan jika meledakkan bom Hidrogen disuatu tempat pasti efek ledakkannya akan jauh lebih besar dari bom atom. Dan luas daerah yang terkena imbas akibat ledakan bom hidrogen akan jauh lebih luas dibandingkan akibat ledakan bom atom. Sekarang ini, selain dari bom atom dan bom Hidrogen, ada bom yang baru dikenal bernama bom kobalt. Bom ini di buat dengan menyelubungi bom hidrogen dengan wadah yang terbuat dari kobalt biasa yang tebal.

Mari kita renangkan bila antar negara saling bertempur dan meledakkan bom – bom dahsyat, apa yang bakal terjadi dengan kita, Bumi serta isinya. Amat sulit untuk kita bayangkan keadaan ini jika benar – benar terjadi. Untuk itu, mungkinkah muncul nota kesepahaman bahwa senjata nuklir tidak perlu lagi digunakan di waktu mendatang. Dan yang perlu dipertanyakan sudah siapkah Indonesia dalam menghadapi segala kemungkinan dan peluang yang akan terjadi baik ancaman keamanan dari eksternal maupun internal serta menjaga keutuhan NKRI, karena tak ada seorang pun yang tahu apa yang bakal terjadi kedepannya.

Sumber gambar : http://faithscience.wordpress.com dan http://hikmatun.files.wordpress.com

Sistem Pakar

Salah satu domain penelitian dalam kecerdasan buatan adalah sistem pakar. Sistem pakar merupakan sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan para ahli. Namun demikian sistem pakartidak dikembangkan untuk menggantikan kedudukan seorang pakar tetapi untuk memasyaratkan pengetahuan dan pengalaman pakar tersebut.

Sistem pakar dikembangkan pertama kali oleh komunitas AI tahun1960an. Sistem pakaryang pertama adalah General Purpose Problem Solver (GPS) yang dikembangkan oleh Newel Simon. Menurut Efraim Turban, Sistem pakarharus mengandung keahlian, ahli, pengalihan keahlian, inferensi, aturan dan kemampuan menjelaskan. Keahlian dalam hal ini adalah suatu kelebihan penguasan pengetahuan dibidang tertentu yang diperoleh dari pelatihan, membaca atau pengalaman.

Bentuk pengetahuan sistem pakarantara lain :

    • Fakta-fakta pada lingkup permasalahan tertentu
    • Teori-teori pada lingkup masalah tertentu
    • Prosedur-Prosedur berkenaan dengan lingkup masalah tertentu
    • Strategi-strategi global untuk menyelesaikan masalah
    • Meta-knowledge (pengetahuantentangpengetahuan)

Sistem pakar dapat diartikan sebagai penggunaan komputer secara langsung dengan siswa untuk menyampaikan isi pelajaran, memberikan latihan dan mengetes kemajuan belajar siswa. Sistem pakar dapat bertindak sebagai tutor yang menggantikan siswa di dalam kelas. Sistem pakar juga bermacam-macam bentuknya bergantung kecakapan pendesain dan pengembang pembelajarannya, bisa berbentuk permainan (games), mengajarkan konsep-konsep abstrak yang kemudian dikonkritkan dalam bentuk visual dan audio yang dianimasikan. Menurut Anderson, 1976 SISTEM PAKARtermasuk kedalam media instruksiaonal dengan mengunakan media komputer. Jika diklasifikasikan sistem pakar termasuk kedalam media yang berbasis komputer. Media lain misalnya klasifikasi media audio berarti jenis medianya Audio Kaset, Audio Vission, aktive Audio Vission. Bentuk interaksi yang dapat diaplikasikan media berbasis komputer menurut Heinich,et.al 1996, antara lain :

    • Praktek dan latihan (drill & practice)
    • Tutorial
    • Permainan (games)
    • Simulasi (simulation)
    • Penemuan (discovery)
    • Pemecahan Masalah (Problem Solving)

Dari penjelasan di atas jelas sekali bahwa penggunaan komputer sebagai media pembelajaran tidak hanya semata-mata mengikuti kemajuan teknologi tetapi juga untuk mencapai tujuan pembelajaran. Karena perancangannya juga disesuaikan dengan konsep-konsep pendidikan. Adapun tujuan pemakaian komputer dalam kegiatan pembelajaran antara lain :


a) Tujuan Kognitif

Komputer dapat mengajarkan konsep-konsep aturan, prinsip, langkah-langkah, proses, dan kalkulasi yang kompleks. Komputer juga dapat menjelaskan konsep tersebut dengan dengan sederhana dengan penggabungan visual dan audio yang dianimasikan. Sehingga cocok untuk kegiatan pembelajaran mandiri.

b) Tujuan Psikomotor

Dengan bentuk pembelajaran yang dikemas dalam bentuk games & simulasi sangat bagus digunakan untuk menciptakan kondisi dunia kerja. Beberapa contoh program antara lain; simulasi pendaratan pesawat, simulasi perang dalam medan yang paling berat dan sebagainya.

c) Tujuan Afektif

Bila program didesain secara tepat dengan memberikan potongan clip suara atau video yang isinya menggugah perasaan, pembelajaran sikap/afektif juga dapat dilakukan mengunakan media komputer.

Pendidikan dan Perkembangan ICT

Pendidikan memiliki peran yang sangat menentukan bagi perkembangan dan perwujudan dari individu, terutama bagi pembangunan bangsa dan Negara. Kemajuan suatu kebudayaan tergantung pada cara kebudayaan tersebut mengenali, menghargai dan memanfaatkan sumber daya manusia dan hal ini berkaitan erat dengan kualitas pendidikan yang diberikan kepada anggota masyarakatnya, kepada peserta didik.

Ditinjau dari segi kehidupan mana pun kebutuhan akan kreativitas sangatlah penting. Metode pembelajaran yang diterapkan saat ini sangat kurang bisa membantu para siswa atau peserta didik untuk mengembangkan kreativitasnya. Siswa hanya di tuntut untuk belajar di bangku sekolah, sedangkan dirumah hanya sedikit para orang tua yang peduli pada kegiatan belajar anak-anaknya. Pengaruh lingkungan juga sangat mempengaruhi keadaan psikologis anak dalam pembentukan karakter kreativitasnya.

Pembentukan karakter setiap anak juga dapat dilakukan dengan pendekatan teknologi yang ada saat ini. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan kemajuan teknologi computer. Artificial Intellifence (AI) sebagai suatu bagian teknologi computer yang sedang dikembangkan terus diteli karena kebutuhannya terhadap mesin yang sangat baik dan mahal namun dapat memberikan dampak positif bagi pembelajaran baik saat ini maupun di masa mendatang. AI yang merupakan dasar pengembangan dari mesin-mesin yang dapat membantu manusia dalam memecahkan beberapa masalah (artificial) yang mengekslorasi sisi kognitif manusia, sistem memori dan karakter dalam menyalesaikan masalah (intelligent) telah melahirkan suatu penemuan yang berimplikasi terhadap proses pendidikan. AI yang didasari program-program instruksi dikenal dengan intelligent tutor atau intelligent coaches, terus dikembangkan dibeberapa bagian kurikulum sekolah terutama pelajaran matematika.

Teknik AI saat ini digunakan untuk menyelesaikan berbagai tugas seperti promblem-solving, natural language processing, perception and pattern recognation, information storage and retrieval, control of robots, game playing, aotumatic programming, and computational logic. System Artificial Intelegen memiliki kemampuan untuk menangani bidang-bidang tersebut. Dengan Artificial Intelegen berbasis tutorial tersedia beberapa langkah untuk memaparkan dan menyelesaikan masalah, menyimpan dan mengolah data, bermain game, mendiagnosa kesalahan konsep siswa, serta menyediakan fasilitas natural- language dialogue dengan siswa.

Teknologi pembelajaran telah membantu proses pembelajaran yang lebih efisien yakni dengan menggunakan Computer Based Training (CBT). Computer Based Training merupakan komputer multimedia berbasis pelatihan. Computer Based Training tradisional menyajikan sistem yang memuat informasi beserta pengujiannya melalui soal pilihan ganda atau menjawab pertanyaan essay. Sedangkan Computer Based Training yang cerdas mampu membina siswa secara individual, memiliki penilaian kinerja dan umpan balik terhadap siswa yang sedang belajar.

Ada beberapa pengertian dari Artificial Intelligence (AI), antara lain :

· Suatu cara yang sederhana untuk membuat komputer dapat “berpikir” secara inteligent.

· Bagian dari ilmu komputer yang mempelajari perancangan sistem komputer yang inteligent, yaitu suatu sistem yang meperlihatkan karakteristik yang ada pada tingkah laku manusia, seperti mengerti suatu bahasa, mempelajari,mempertimbangkan dan memecahkan suatu masalah.

· Suatu studi bagaimana membuat komputer dapat mengerjakan sesuatu, yang pada saat ini, orang dapat mengerjakan lebih baik (Rich and Knight ,1991).

· Bidang ilmu komputer yang memungkinkannya untuk memahami, bernalar dan bertindak.

Menurut H. A. Simon [1987] kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang dalam pandangan manusia adalah cerdas. Dalam Encyclopedia Britannica diterangkan bahwa Kecerdasan Buatan (AI) merupakan cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan. Dari banyak pengertian di atas dapat kita simpulkan bahwa AI merupakan perancangan siatem komputer dengan memasukan sifat inteligent dimana sistem tersebut memiliki karakteristik yang ada pada tingkah laku manusia sehingga memungkinkan sistem tersebut untuk mamahami, bernalar dan bertindak.

Pengembangan AI dilakukan untuk mengembangkan metode dan sistem untuk menyelesaikan masalah,masalah yang biasa diselesaikan melalui aktifivitas intelektual manusia, misalnya pengolahan citra,perencanaan, peramalan dan lain-lain, meningkatkan kinerja sistem informasi yang berbasis komputer serta Untuk meningkatkan pengertian/pemahaman kita pada bagaimana otak manusia bekerja. Winston dan Prendergast [1984] mengungkapkan ada tiga tujuan dari kecerdasan buatan antara lain :

1. Membuat mesin menjadi lebih pintar (tujuan utama)

2. Memahami apa itu kecerdasan (tujuan ilmiah)

3. Membuat mesin lebih bermanfaat (tujuan entrepreneurial)

Ada dua arah pengembangan AI, antara lain :

  • Mengembangkan metode dan sistem untuk menyelesaikan masalah AI tanpa mengikuti cara manusia menyelesaikannya (sistem pakar/ expert sistem)
  • Mengembangkan metode dan sistem untuk menyelesaikan masalah AI melalui pemodelan cara berpikirnya manusia, atau cara bekerjanya otak manusia (neural networks).

Dalam kecerdasan buatan ada empat hal yang diperlukan untuk membangun sistem atau memecahkan masalah tertentu :

Pilih teknik pemecah masalah terbaik dan gunakan untuk masalah tertentu

Google Wave


If you’re in a bad situation, don’t worry it’ll change. If you’re in a good situation, don’t worry it’ll change. (Jhon A. Simone, Sr.)


Kutipan diatas cocok untuk menggambarkan dunia Teknologi dan Informasi yang terus berkembang, entah anda suka atau tidak. Mungkin masih ingatkah ketika warnet selalu dipenuhi dengan penggunaan chatting dengan menggunakan mIRC?

Saat itu, mungkin mIRC merupakan aplikasi yang wajib didalam warnet mapun ditempat lainnya, tapi coba anda lihat sekarang, penggunaan mIRC sangat jarang untuk dijumpai, ini dikarenakan kita sekarang lebih mengenal Yahoo! Messenger sebagai aplikasi yang paling banyak umatnya dalam keperluan chat, dimana didalam aplikasi ini memberikan suatu hal yang baru seperti penggunaan audible, sharing gambar, akan tetapi sebaliknya ada juga sesuatu yang hilang yaitu mengutak-atik script, saling kejar-kejaran dengan operator chatroom, dan mungkin dikarenakan kenangan yang terlupakan dengan mIRC. Walaupun fungsi dasarnya sama, yaitu sebagai software instant messanging, tetapi telah terjadi perubahan fitur, kebiasaan, dan paradigma.

Pada saat ini, sebuah perubahan telah terjadi didepan mata anda. Tepatnya, google menawarkan sebuah layanan bernama Google Wave yang disebut-sebut akan mengubah cara berkomunikasi dengan via internet. Apakah sebenarnya Google Wave ini?

Komunitas dan Kolaborasi Masa Depan

Diumumkan kali pertama pada 27 Mei 2009 dalam Google I/O Conference, Google Wave diperkenalkan sebagai suatu layanan web based untuk berkolaborasi dan berkomunikasi, serta didesain untuk menggabungkan layanan E-Mail, instant messaging, wiki, dan social networking.

Google Wave ini dibangun oleh Rasmussen bersaudara (Lars dan Jens), yang merupakan otak dari pembuatan Google Maps. Google Wave sendiri diharapkan akan tersedia pada tahun 2009 ini, akan tetapi sebelum produk ini resmi dirilis, pembahasan mengenai Google Wave sudah cukup hangat. Ini bukan karena nama besar Google dan para engineer nya yang menjadikan hal ini menarik, tetapi karena ide dan teknologi dibelakangnya bisa dikatakan berani dan revolusioner. Betapa tidak, bayangkan seberapa terbiasanya kita melakukan rutinitas komunikasi melalui e-mail, layanan social networking seperti Facebook, atau chat melalui instant messanging? Seluruh kegiatan tersebut saat ini sering kita lakukan secara terpisah, tetapi Google Wave berambisi menggabungkan semua fungsi tersebut, dalam sebuah layanan berbasis web yang hanya mengandalkan sebuah browser.

Wave

Ide dasar Google Wave sebenarnya sederhana, sebuah “wave” diartikan sebagai sebuah objek yang menampung kumpulan text, link, gambar, video, dan elemen multimedia lainnya yang tersimpan pada server, wave di-share dan dikolaborasikan antarpengguna sehingga bersifat dinamis, dapat ditambah, dihapus, atau diubah pada poin-poin tertentu. Secara sederhana, anda dapat menganalogikan “wave” sebagai sebuah chat conference pada instant messaging. Di sana tentu terdapat segudang informasi yang melibatkan banyak partisipan didalamnya, tetapi informasi tersebut tidak selalu mudah diorganisir dan dikolaborasikan.

Coba bayangkan sebuah chat conference yang berlangsung selama 3 jam, dengan 10 orang partisipan yang aktif, lalu anda diminta menyusun ulang seluruh text yang telah diketikkan sehingga menjadi sebuah dokumen yang tertata rapi dan mudah dipahami, wah ini bukan pekerjaan yang mudah bukan.Tetapi jika platform “Wave” tersebut telah diatur sedemikian rupa, sehingga dapat menggerakkan setiap partisipan untuk berkolaborasi agar tetap membuat dokumen yang rapi dari awal sampai akhir, maka anda dapat membayangkan produktivitas yang berhasil dicapi. Inilah yang ditawarkan Google Wave. Untuk lebih jelasnya bagaimana kolaborasi dan komunitas ini dilakukan.

Dukungan API

Terdapat pertanyaan yang melintas, dapatkah layanan Google Wave ini membuat penggunanya menjadi addicted, contohnya seperti yang telah terjadi pada banyak pengguna mIRC, Facebook, atau Twitter?

Fitur-fitur yang terdapat pada Google Wave yang akan menjawabanya, seberapa nyaman pengguna berkomunikasi dan berkolaborasi dengan fasilitas yang ditawarkan Google Wave.

Sebagai sebuah produk open source, tentunya Google Wave diharapkan akan mendapatkan dukungan dan kontribusi dari para developer untuk membangun fitur tambahan, dan memang konstribusi komunitas pada banyak produk open source sering kali memperkaya fungsionalitas produk secara signifikan. Contohnya Mozilla Firefox yang memiliki ribuan extension, theme, dan add-ons lainnya. Untuk itu, pihak Google telah menyediakan API (Application Programming Interface) yang mengizinkan developer untuk turut membangun Google Wave. Terdapat dua tipe development API ini:

1. Extension

Terbagi lagi menjadi dua bagian besar, yang pertama adalah extension robot yang berfungsi untuk melakukan suatu pekerjaan secara otomatis, yang kedua adalah extension gadget yang menyediakan interaksi atarpengguna.

2. Embed

Mengkolaborasikan website eksternal dengan Google Wave.

Paradigma di balik Google Wave

Google Wave tidak hanya menawarkan cara baru untuk berkomunikasi dan berkolaborasi melalui internet, tetapi juga menunjukkan sebuah paradigma yang jelas, bahwa data terletak pada sisi server.

Tampaknya Google memang cenderung mengarahkan produknya ke ranah online, dengan demikian dapat tercipta kegiatan kolaborasi dan sharing para pengguna. Tidak mengherankan pengguna Google Wave juga mampu melakukan kolaborasi dokumen yang dapat diakses dan diedit secara realtime oleh sekelompok pengguna, konsep ini mirip dengan layanan Google lainnya yang telah lebih dulu dikenal, yaitu Google Docs.

Dapat dibayangkan dalam kegiatan sehari-hari, Google Wave dapat digunakan untuk berkolaborasi mengerjakan dokumen tugas sekolah/kuliah, menulis notulen meeting, atau siapa tahu cocok digunakan sebagai tempat untuk berdebat online. Apapun isi dokumennya, kolaborasi yang dilakukan mengadopsi konsep wiki. Lebih jauh lagi, history perubahan dokumen ini dapat ditelusuri oleh setiap peserta dalam kelompok tersebut.

Menjadi Lebih Baik

Setiap perubahan selalu diharapkan menjadi lebih baik, cara lama berubah menjadi cara baru, kadang dalam waktu yang cukup cepat. Anda yang sering mengalaminya mungkin merasa menyesal lahir dizaman ini, terutama jika anda berpikir teknologi tercipta untuk mempermainkan anda, yang dipaksa mengikuti arus.

Kenyataannya, teknologi tercipta untuk dimanfaatkan. Ingat saat Operating system Windows hadir menggantikan DOS, cara memandangnya bukan mempelajari Windows, gunakan Windows, lupakan DOS. Tetapi pandanglah bahwa selain DOS, ada operating system lain yang dapat dipelajari dan dimanfaatkan. Hasilnya anda akan semakin produktif, karena sangatlah sulit untuk mengharapkan cara mutakhir menjadi solusi untuk semua masalah, tetapi selalu ada pilihan yang terbaik untuk menyelesaikan sebuah masalah.

So, Google Wave akan segera hadir, manfaatkan untuk meningkatkan prokdutivitas anda ke arah yang lebih baik! Untuk masa depan yang lebih baik pula.

LEBIH LANJUT

- http://wave.google.com

- http://code.googel.com/apis/wave

- http://www.waveprotocol.org

Sumber : PC Media Megazine

Internet Explorer


SEJARAH INTERNET EXPLORER

Pada awal 90-an-fajar sejarah sejauh World Wide Web adalah menyangkut-relatif sedikit pengguna berkomunikasi di jaringan global ini. Mereka menggunakan berbagai macam shareware dan perangkat lunak lain untuk sistem operasi Microsoft Windows ®.
Pada tahun 1995, Microsoft Internet Strategi menjadi tuan rumah Hari dan mengumumkan komitmennya untuk menambahkan kemampuan Internet untuk semua produk-produknya. Dalam pemenuhan pengumuman itu, Microsoft Internet Explorer tiba sebagai baik grafis web browser dan nama untuk satu set teknologi.

1995: Internet Explorer 1,0
Pada bulan Juli 1995, Microsoft merilis sistem operasi Windows 95, yang termasuk built-in mendukung untuk dial-up networking dan TCP / IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol), teknologi penting untuk menghubungkan ke Internet. Sebagai tanggapan atas kepentingan umum yang berkembang di internet, Microsoft menciptakan sebuah add-on untuk sistem operasi yang disebut Internet Explorer 1.0. Ketika Windows 95 dengan Internet Explorer memulai debutnya, Internet menjadi jauh lebih mudah diakses bagi lebih banyak orang.
Internet Explorer teknologi awalnya dikirim sebagai Jumpstart Internet Kit di Microsoft Plus! Untuk Windows 95. Internet Explorer diganti kebutuhan praktis, langkah-langkah instalasi manual diperlukan oleh banyak browser shareware yang ada.

1995: Internet Explorer 2,0
Pada November 1995, Microsoft merilis pertama lintas-platform browser, Internet Explorer 2.0, yang mendukung baik Macintosh dan 32-bit Windows pengguna.
Dengan Internet Explorer 2,0 datang set baru pemula teknologi internet yang ditawarkan pengembang dan desainer Web kekuatan untuk desain aman, media-situs Web yang kaya dengan kemampuan pelacakan. Internet Explorer 2,0 memperkenalkan teknologi Secure Socket Layer (SSL) protokol serta dukungan untuk HTTP cookie, Virtual Reality Modeling Language (VRML), dan Internet newsgroup.

1996: Internet Explorer 3.0
Pada bulan Agustus 1996, Microsoft merilis Internet Explorer sepenuhnya dibangun kembali teknologi, yang mencakup fitur yang revolusioner untuk sementara waktu. Dirancang untuk Windows 95, Internet Explorer 3.0 menawarkan komponen yang berguna segera menarik bagi pengguna, termasuk Internet Mail and News 1.0 dan Windows Address Book. Kemudian, Microsoft NetMeeting ® dan Windows Media Player ditambahkan.Sekarang browser Internet Explorer bisa menampilkan file GIF dan JPG, memainkan MIDI file suara, dan memutar file audio streaming tanpa bantuan aplikasi pembantu.
Untuk pengembang Web, Internet Explorer 3.0 dikirimkan model pemrograman yang fleksibel dengan pilihan bahasa scripting. Web designer juga menerima hasil yang lebih dapat diprediksi, berkat Cascading Style Sheets (CSS). Moreoever, Internet Explorer 3.0 dirancang untuk memungkinkan Web developer untuk memperpanjang dengan mudah pada saat standar internet dengan cepat berkembang.

1997: Internet Explorer 4.0
Dirancang untuk Windows 95, Windows 98, dan Windows NT ®, Internet Explorer 4.0 adalah teknologi maju yang signifikan. Untuk Web developer, penambahan Dynamic HTML (DHTML) digembar-gemborkan langkah berikutnya dalam desain Web. Web developer DHTML memberikan kontrol yang lebih besar dan gaya konten dan menciptakan peluang yang sebelumnya telah mungkin hanya dengan aplikasi perangkat lunak.
Tiba-tiba halaman web menjadi lebih interaktif-pengguna dapat memperluas menu dengan klik atau drag gambar dan benda-benda di sekitar. Web mulai tampak seperti aplikasi dan permainan bahwa orang biasa dan kurang seperti serangkaian halaman statis.
Dengan Internet Explorer 4.0, Microsoft Outlook ® Express 4.0 juga diinstal untuk pertama kalinya sebagai upgrade ke Internet Mail and News. Ini built-in komponen meningkatkan cara pengguna yang dikirim, diterima, dan mengorganisasikan e-mail dan buku alamat.

1998: Internet Explorer 5.0
September 1998 dengan pembebasan teknologi Internet Explorer 5.0, pengembang memperoleh kemampuan untuk merancang aplikasi Web yang lebih kaya. Kemampuan DHTML diperluas, pengembang Web memberikan lebih banyak fleksibilitas dan kekuatan untuk menciptakan situs Web interaktif.
Sekarang personalisasi menjadi fokus utama sebagai aplikasi web berdasarkan DHTML muncul. Users ditemui aplikasi kaya di Web-misalnya, laporan pengeluaran dapat mengkonfigurasi dirinya sendiri secara otomatis berdasarkan pengaturan personalisasi pengguna. Dengan kemampuan pemrograman diperluas seperti ini, teknologi Internet Explorer 5.0 membantu mengantar era baru e-commerce.

2001: Internet Explorer 6
Teknologi Internet Explorer 6 ini dirilis dengan Windows XP pada tahun 2001 sebagai yang lebih privat, handal, dan teknologi yang fleksibel daripada versi sebelumnya. Karena privasi dan keamanan menjadi prioritas pelanggan, Microsoft menerapkan alat-alat yang mendukung Platform for Privacy Preferences (P3P), sebuah teknologi yang sedang dikembangkan oleh World Wide Web Consortium (W3C).
Dari rumah hanya pengguna konten browsing di Web, dengan menggelar administrator TI dan memelihara set kaya Windows Internet teknologi, pengembang Web untuk membuat konten web yang kaya, teknologi Internet Explorer 6 menyediakan kebebasan untuk pengalaman yang terbaik dari Internet


KEUNGGULAN & KELEMAHAN INTERNET EXPLORER

Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE, adalah sebuah browser web proprieter yang gratis dari Microsoft. Internet Explorer hingga kini masih merupakan browser web yang paling banyak digunakan, meliputi 93.7% dari keseluruhan penggunaan browser menurut sebuah perusahaan penganalisa web WebSideStory.

a. Keunggulan
Browser ini terintegrasi dengan Outlook dan Outlook Express sehingga semua fasilitas e-mail bekerja dengan baik. IE juga mendukung sinkronisasi dengan PocketPC Windows dan sinkronisasi USB-cradle. isntalasi plug-in pun sangat mudah dilakukan.
1. Gunakan Akselerasi untuk Tingkatkan Kecepatan ; Akselerator telah ditambahkan menjadi add ons untuk IE 8 sehingga memberikan kebebasan kepada untuk bisa melakukan segala jenis pekerjaan yang berbasis teks yang telah pilih di sebuah halaman. Misalnya saja, melihat harga saham, definisi dari sebuah kata ataupun frasa. Tidak hanya itu, penggunaan akselerator ini bisa menunjukkan sebuah lokasi dengan sebuah peta, mengubah mata yang, berbagi teks dari sejumlah situs pertemanan seperti Facebook dan Twitter, membuat sebuah URL yang singkat, dan ataupun memilih sebuah produk dan ingin berbelanja secara online.
Segera pilih teks apapun dalam sebuah halaman dan juga tombol akselerator kemudian menunjukkannya dan akan muncul dalam bentuk pop up, meng-klik tombol tersebut pada bagian menu Accelerator. juga bisa mengakses Accelerators dengan melakukan klik kanan pada menu kontekstual. Sejumlah akselerator muncul dalam bentuk jendela pop up namun ada juga yang muncul dalam tampilan jendela baru. Ada juga cara lain dengan menggunakan Google Dictionary Accelerator meski IE 8 sudah dilengkapi degan sejumlah Accelerators. Ada pihak ketiga yang mulai mengembangkan produk ini sehingga bisa mengunduhnya. Sebagai pilihan, segera ke Accelerator Gallery milik Microsoft untuk melihat sejumlah opsi yang disediakan.
2. Menyimpan Info Penting dengan Web Slices Salah satu add on menarik dari IE 8 adalah Web Slice. Add on ini memberikan kemudahan untuk berlangganan secara kontinyu sebuah update dari sebuah halaman seperti skor sebuah pertandingan olahraga, berita utama, atau berita cuaca terkini. Ini bisa difungsikan jika pihak pengembang situs bersangkutan sudah menampilkan halamannya dalam bentuk Web Slice. Sayangnya tidak semua situs menggunakan tampilan seperti ini. Tetapi, jika sebuah halaman menampilkan sebuah Web Slice, maka akan muncul ikon di sebuah toolbar yang berdekatan dengan ikon Home yang ditunjukkan pada sebelah kanan dan berwarna hijau. Pada ikon yang sama juga tampak di dekat sebuah Slice yang siap di sebuah web ketika menggerakkan mouse tersebut. Klik ikon ini di lokasi itu juga untuk melihat sebuah kotak dialog jika ingin menambahkan konten tersebut ke kotak Favorite.
3. .Sembunyikan Jejak dengan InPrivate Browsing Ikon InPrivate memberikan kebebasan kepada untuk bisa berselancar secara rahasia. Sebagai tambahan pada cookies dan juga jejak ketika berselancar di sebuah situs, IE 8 akan menyimpan semua data, kata sandi, kata kunci pencarian di kotak pencarian, serta seluruh URL yang ada di kotak alamat. Ini dilakukan agar lebih mudah untuk mencari hal apapun. Dengan InPrivate Browsing, bisa berselancar tanpa meninggalkan jejak. Aktifkan InPrivate Browsing dengan mengakses dari menu Safety. Sebuah jendela baru IE 8 akan muncul dengan indikator biru InPrivate pada sisi kiri dari sebuah kotak halaman.
Tak ada sesuatu pun yang lihat di jendela tersebut yang akan bisa diakses jika sudah menutup jendela tersebut. Tidak ada jejak penjelajahan di web, tak ada cookies yang tersimpan, file internet, bahkan jejak dari pencarian ataupun URL serta data demikian pula halnya kata sandi.
4. Navigasi Halaman Tanpa Mouse Dengan fitur Caret Browsing pada IE 8, maka bisa mem-browsing halaman, memilih teks, bahkan menggunakan Accelerators serta fungsi menu kontekstual tanpa memindahkan jari-jari dari keyboard. Mengaktifkan Caret Browsing cukup denga menekan F7. Di Caret Browsing, bisa menggunakan arah penunjuk panah untuk bernavigasi di seluruh halaman atau juga baris demi baris dengan menunjukkan panah dari atas ke bawah. Untuk memilih sebuah teks, cukup dengan menahan tombol Shift ketika menggunakan arah t panah tersebut. Ketika sejumlah teks telah dipilih, bisa menggunakan str seperti Ctrl+C untuk membuat salinannya. Tekan tulisan Shift+F10 untuk mengangkat ke atas dengan klik kanan pada menu konteks. Gunakan penunjuk arah panah untuk bernavigasi di menu dan tekan Enter untuk memilihnya.
5. Lindungi Privasi dan Blok Ads dengan InPrivate Filtering Saat melakukan penjelajahan di dunia maya, akan menemukan sejumlah konten-konten dari pihak ketiga misalnya saja iklan yang sebenarnya bukan berasal dari situs yang kunjungi. Saat sejumlah konten seperti itu muncul di halaman , maka ini akan sering muncul di saat-saat mendatang dan tentu saja menganggu kenyamanan ketika sedang berselancar. Bahkan, sejumlah cookies ini akan melacak situs favorit . Layanan iklan seperti DoubleClick akan menempatkan sebuah cookie di PC setiap kali mereka datang dan muncul. Jadi, setiap kali mengunjungi 10 situs dari semua iklan yang berasal dari satu sumber, maka layanan iklan ini akan memberitahukan ke situs tersebut seberapa lama berselancar di sana, iklan mana saja yang tolak, dan yang mana minati. Dengan fitur InPrivate Filtering akan memberikan keleluasaan untuk memblokir sejumlah konten seperti iklan, aplikasi statistik seperti Google Analytics, dan juga konten yang tidak berasal dari situs yang kunjungi.
Namun, ini tidak memblokir semua konten tersebut. Fitur ini akan melacak semua konten dari pihak ketiga dan memblokir semua sumber ketika sudah mencapai batas 10 kali diakses dengan pengaturan utama. Ide ini tidak memblokir iklan namun memblokir kemampuan dari penyedia layanan tersebut untuk melacak jejak dari invidual dari berbagai situs. Untuk mengaktifkannya, pilih InPrivate Filtering di bawah menu Safety. Setelah itu, pilih pengaturan Private Filtering di bawah menu Safety yang menunjukkan ada beberapa situs yang dikunjungi dan menunjukkan sejumlah konten dari server khusus untuk iklan. Di sini, bisa melakukan pengaturan threshold dari manapun mulai dari dari tiga hingga 30 situs atau memasukkan sejumlah sumber yang jelas misalnya konten khusus dari sumber tersebut dari filtering tersebut.
Tipsnya, InPrivate Filtering dapat menghalangi semua jenis iklan dan bukan hanya beberapa jenis yang sering lihat. Seperti yang digambarkan Neowin.net, dapat mengunduh file XML yang berisi daftar dari pengiklan di situs yang mendapat pemblokiran dengan menambahkan add on Adblock Plus untuk Firefox lalu kemudian masukkan feed file tersebut di InPrivate Filtering untuk memblokir sejumlah iklan tersebut dari IE 8.

b. Kelemahan
Di bawah pengawasan media yang ketat karena besarnya jumlah penggunanya, eksploitasi terhadap "lubang" keamanan Internet Explorer telah mengakibatkan IE mendapatkan reputasi sebagai browser utama (ini termasuk Safari, Mozilla Firefox, Mozilla and Netscape, Opera, dan Konqueror) yang paling tidak aman. Microsoft secara berkala mengeluarkan patch keamanan yang bisa didownload secara otomatis dan dipasang untuk meng-update browsernya. Dari segi stabilitas, IE lebih mudah crash. Selain itu, pengguna IE tak bisa membuka banyak halaman web tanpa membuka banyak jendela. Ukuran aplikasinya pun terbilang besar yaitu 80MB, selain itu IE tidak mendukung beberapa jenis jalan pintasdan tidak ada penghentian pop up secara otomatis. Gagal membaca script dibeberapa halaman situs khususnya CSS merupakan kebiasan browser ini, IE juga membutuhkan waktu yang lama saat membuka tab baru. Penguncian browser pun tidak dapat ia lakukan ditambah dengan area toolbar yang terlalu luas dan tidak dapat dikostumisasi menambah kekurangan browser ini.

Proses Website

Didalam Halaman web dapat diakses dengan cara menuliskan Alamat Web tujuan didalam URL atau dengan mengikuti kedalam sebuah link yang menuju kepadanya pada sebuah Web Browser, dan Web Browser Menunjukkan lokasi dokumen yang dikelola oleh sang Server Web. Didalam hal ini URL yang telah dimasukkan diubah menjadi sebuah alamat IP Server Web yang telah kita tujukan yang diberikan oleh DNS. Untuk selanjutnya Web Browser mengirimkan HTTP Request ke pada Server Web yang di tujukan tadi, dan pada akhirnya Server tersebut merespond dengan memberikan file-file yang ingin diminta atau dicari tersebut kedalam sebuah format HTML.

BlogCatalog

Computer Blogs - BlogCatalog Blog Directory

Mengenai Saya

Foto saya
Saya adalah seorang Mahasiswa di sebuah Universitas Terkemuka di Riau, saat ini saya mencari dan memberikan ilmu yang selama ini saya cari dan dapat, agar berguna bagi kita semua.

Cari Blog Ini

Pengikut

Tentang Blog Saya

> Blog ini dirancang melalui berbagai hal pengalaman yang telah saya dapatkan selama ini, ilmu bukan untuk disimpan sendiri melainkan untuk disebarluaskan, untuk mengurangi tingkat kebodohan, dan yang pastinya ilmu yang diberikanpun merupakan ilmu yang bermanfaat. :)